SISTEM TELEMTRI ( TELEMTRY SYSTEM )

Sistem telemetri adalah teknologi yang memungkinkan pengukuran jarak jauh dan pelaporan informasi kepada perancang atau operator sistem. Telemetri merujuk pada komunikasi nirkabel seperti radio, ultrasonik atau sistem inframerah; namun dapat merujuk pula pada data yang dikirimkan melalui media lain; seperti telepon, jaringan komputer atau melalui sebuah kabel optik. Sistem telemetri modern saat ini banyak menggunakan jaringan GSM yang murah dan mudah didapat dengan menggunakan SMS untuk menerima dan mengirimkan data telemetri.

Gambar 1. Telemeter Logic IO

Telemeter adalah alat yang digunakan untuk telemetri. Alat ini terdiri dari sensor, jalur transmisi, dan display, perekaman, atau perangkat kontrol. Secara umum, telemetri bekerja melalui sensor yang mengukur data fisik (seperti hujan, tekanan atau suhu) atau kelistrikan (seperti arus atau tegangan). Hasil dari sensor ini akan diubah menjadi tegangan listrik yang digabungkan dengan data waktu. Penggabungan tersebut membentuk aliran data yang ditransmisikan melalui medium nirkabel, kabel atau kombinasi keduanya. Pada penerima jarak jauh, aliran dipisahkan dan data asli ditampilkan atau diproses berdasarkan kebutuhan pengguna. (Gambar 1)

 

Gambar 2. Alur Kerja Sistem Transmisi

 

Manfaat terbesar dari sistem telemetri adalah kemampuannya untuk membantu pengguna memonitoring objek atau kondisi lingkungan pada jarak jauh. Alat observasi yang dipasang di tengah-tengah kebun sawit atau hutan tidak perlu dicek setiap hari untuk diambil datanya karena sistem telemetri. Berkat sistem ini, data pengukuran alat dapat dikirim langsung ke server yang dekat dengan pengguna untuk dianalisis lebih lanjut.

Semua alat kami, PT Meteo Nusantara Instrumen , sediakan telah menerapkan sistem telemetri dengan standar terbaik. Kami mampu menyediakan sistem telemetri GSM, ultrasonik, radio maupun satelit sesuai dengan kebutuhan pengguna. Sistem alat kami telah teruji untuk alat pengukuran meteorogi baik itu AWS , ARR , ARG maupun pengukuran satu unsur cuaca seperti suhu , kelembaban udara dan tanah, radiasi , kecepatan angin, lama pencahayaan dan lainnya. Pada bidang pertanian sistem telemetri kami telah mampu membantu dalam pencegahan penyakit (pengukuran unsur cuaca dan mengukur kebasahan daun) dan managemen irigasi (mengukur evapotranspirasi dan kelembaban berbagai kedalaman tanah). Dalam management sumber daya air, kami telah banyak pengalaman dalam pemasangan AWLR , pengukuran data debit maupun sistem pintu air otomatis.

 

Gambar 3. AWLR (Kiri) dan Alat Pengukur Kelembaban Tanah (Kanan) Berbasis Telemetri dari PT Meteo Nusantara Instrumen
Gambar 4. Sistem Telemetri PT Meteo Nusantara Instrumen

 

(Autor : SFM, 211022)

Hubungi Kami

PT. Meteo Nusantara Instrumen
Jl. Perum Ciampea Asri No 7W, Warung Borong, Bojongrangkas, Ciampea. Bogor. INDONESIA 16620
Telepon : +62251-8474143
Email  : sales@meteonusantara.com

Fast Response :
Rusianto
Tlp/WA :+62 852-8215-3111
Email: rusianto@meteonusantara.com

Copyright © Meteo Nusantara Instrumen